Urban Legend Thor Dewa Petir Dalam Sejarah Nordik

Urban Legend Thor Dewa Petir Dalam Sejarah Nordik

Baca Juga

Urban Legend Thor Dewa Petir Dalam Sejarah Nordik

MyMisteri Leony Li
- Thor adalah dewa yang digambarkan sebagai dewa petir berjanggut merah dalam mitologi nordik (Eropa utara negara Denmark, Norwegia, Islandia dan Swedia) yang terkenal dengan palu nya yang bernama mjolnir yang dapat menimbulkan gemuruh dan petir, thor merupakan putra dari dewa odin yang merupakan dewa tertinggi.

sedangkan ibunya adalah seorang raksasa bernama Fjörgyn atau Hlódyn (dewi bumi). Kalau dalam kisah mitologi bangsa nordik atau bangsa viking Thor adalah Dewa yang memiliki kekuatan hebat. Ia selalu berseteru dengan para jotun sehingga bertarung dengan mereka. Thor merupakan salah satu Dewa Nordik yang memiliki kekuatan besar.

Thor the God of Thunder punya aula dimana dia tinggal, yang disebut Bilskirnir. Thor memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing, Tanngniost dan Tanngrisnir. Thor punya senjata khusus berupa palu yang bernama Mjolnir, buatan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti. Setiap kali Thor melemparkannya ke musuh2nya, palu tersebut selalu kembali ke tangannya.

Hal ini disebabkan karena Thor memakai sarung tangan besi ajaib yang bernama Jarngreipr. Selain itu, Thor juga punya Megingjarpar (girdle of might), yang membuat dia menjadi tidak terlihat. Thor adalah Dewa yang diklaim sebagai yang terkuat. beristrikan Sif yang sempat diusilin Loki, dengan memotong rambut indahnya.

Dalam mitologi Nordik lagi, Mjolnir adalah palu atau gada besar yang dipakai oleh Thor putra dari Freyr untuk berperang. Mjolnir merupakan palu yang mempunyai kekuatan listrik sebagaimana pemakainya, dewa Thor. Mjolnir dilambangkan membantu Thor dalam banyak peperangan dan pertarungan. Adapun sumber lain yang mengatakan bahwa Mjolnir merupakan alat yang dipakai Thor untuk membuat petir.

Lambang Mjolnir di percaya bangsa Viking sebagai lambang perlindungan. Menurut kisah yang tertulis di Edda, saat Loki sedang terbang, ia tertangkap oleh Geirrod. Geirrod yang membenci Thor menyuruh Loki agar mengajak Thor mengunjungi kastilnya karena ia ingin membunuh Thor di sana. Loki setuju dengan rencana tersebut dan Thor tidak tahu bahwa ia diajak masuk perangkap Loki.

Ketika mereka memasuki kastil Geirrod, Grid (seorang Jotun wanita) tidak mengizinkan masuk. Ia menunggu sampai Loki meninggalkan mereka berdua. Setelah Loki pergi, Grid menceritakan apa yang sebenarnya terjadi lalu ia memberikan sarung tangan baja, tongkat dan sabuk ajaib.

Setelah itu, Thor membunuh Geirrod dan semua Jotun yang ditemuinya, kecuali Gjálp dan Greip, dua puteri Geirrod. Mitologi nordik tentang thor juga menjadi pengaruh dalam penamaan hari hari dalam bahasa inggris yaitu thursday diambil dari kata Thor’s Day.

Related Posts

Urban Legend Thor Dewa Petir Dalam Sejarah Nordik
4/ 5
Oleh